Mencegah penyakit stroke


Stroke adalah penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada seluruh tubuh atau sebagian tubuh.
Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus, menyebabkan sel-sel otak mati karena kekurangan oksigen dan makanan.
Stroke merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia, di samping penyakit jantung dan kanker. Namun stroke dapat dicegah dengan melakukanpola hidup yang sehat.
Berikut adalah tipsnya:

* Diet Untuk kehilangan Lemak Jenuh dan Lemak trans
Makan lemak trans dan lemak jenuh dan tidak mengurangi jumlah plak di arteri Anda, yang berfungsi meningkatkan risiko penggumpalan darah yang menyebabkan kedua penyakit dan serangan stroke yang.

* Kontrol Tekanan Darah Anda
Orang dengan tekanan darah yang sehat - kurang dari 120/80 - memiliki risiko 60 persen lebih sedikit terkena stroke daripada mereka yang tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Cara terbaik untuk menjaga tekanan darah Anda adalah: hindari stres, berolahraga secara teratur, dan makan lebih sedikit makanan yang mengandung lemak-salinitas.

* Menjaga Kesehatan Mulut
Orang dengan penyakit gusi memiliki resiko lebih besar untuk stroke karena cenderung memiliki penyumbatan pada arteri karotid. Penumpukan plak dapat meningkatkan risiko stroke karena mengurangi aliran darah ke otak, menyebabkan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke. Oleh karena itu, sikat gigi anda secara teratur. Pencegahan adalah obat terbaik.

* Jangan Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko stroke sebesar 60% serta semua bentuk penyakit kardiovaskular.asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terkenaq stroke.

* Makan makanan yang sehat
Buah-buahan dan sayuran tidak memiliki lemak jenuh lemak atau trans.Buah dan sayuran tertentu (jeruk, pisang, stroberi, tomat) memiliki potasium yang banyak. Mengkonsumsi 1/4 cup dari makanan kaya kalium dapat mengurangi risiko stroke sebesar 25%, dan menambahkan secangkir makanan tinggi serat sebanyak 45% makanlah sayur dan buah setiap hari untuk menjaga kesehatan anda.

* Konsummsi Omega 3
Konsummsi Omega 3 sekali per minggu menurunkan risiko stroke sebesar 50%. Omega-3 dalam ikan (juga ditemukan dalam biji rami dan kenari) mengurangi arteri-peradangan yang merusak dapat mengentalkan darah dan menyebabkan stroke. Omega-3 suplemen juga dapat mencegah stroke.

Hiduplah dengan pola hidup yang sehat, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan banyah hal, apa lagi di jaman sekarang kesehatan itu sangat mahal karena biaya berobat ke rumah sakit sekarang sangat mahal harganya.

Jadi tetaplah jaga pola hidup sehat anda sebelum anda terkena penyakit :)